Standar Kompetensi: Melaksanakan Pelayanan Prima
Kompetensi Dasar
1. Melakukan komunikasi di tempat kerja
Materi Pokok
* Berkomunikasi dengan sopan-santun kepada pelanggan di tempat kerja
Kegiatan Pembelajaran
* Cara berkomunikasi dengan pelanggan melalui bahasa, perilaku yang sopan dan etis
Indikator
* Melaksanakan komunikasi dengan tutur kata yang santun dan perilaku yang sopan kepada pelanggan
Alokasi Waktu
* 1 Jam
Penilaian
* Lisan
Sumber Bahan
* Hubungan Dasar antar Pribadi (Buku)
2. Memberikan bantuan untuk pelanggan
Materi Pokok
* Cara melakukan komunikasi tentang pengetahuan produk dalam memenuhi permintaan pelanggan
* Mengidentifikasi dan menangani keluhan pelanggan secara profesional.
Kegiatan Pembelajaran
* Menjelaskan cara komunikasi tentang pengetahuan produk untuk memenuhi permintaan pelanggan
* Cara mengidentifikasi dan menangani keluhan pelanggan secara profesional
Indikator
* Melakukan komunikasi tentang produk untuk memenuhi permintaan pelanggan
* Mmengidentifikasi kualitas layanan sesuai dengan situasi dan kondisi secara profesional keluhan pelanggan
Alokasi Waktu
* 2 Jam
Penilaian
* Praktek
Sumber Bahan
* Iklan; Model-model Transaksi (Buku)
3. Menjaga standar prestasi personal/perorangan
Materi Pokok
* Pembaharuan standar kualitas prestasi personal secara berkala untuk terus meningkatkan kualitas layanan yang prima
Kegiatan Pembelajaran
* Cara memperbarui standar kualitas prestasi personal secara berkala untuk meningkatkan layanan prima
Indikator
* Memperbarui standar kualitas prestasi personal secara berkala untuk terus meningkatkan kualitas layanan yang prima
Alokasi Waktu
* 1 Jam
Penilaian
* Perbuatan
Sumber Bahan
--
4. Melakukan pekerjaan secara team
Materi Pokok
* Tujuan kerja, tanggung jawab, mempertimbangkan informasi dan umpan balik dari anggota team lainnya
Kegiatan Pembelajaran
* Menjelaskan cara menyampaikan tujuan kerja, pertimbangkan informasi dan umpan balik dari anggota tim lainnya
Indikator
* Menyepakati tujuan kerja team, menyelesaikan tanggung jawab yang telah ditentukan dan mempertimbangkan informasi dan unpan balik dari anggota tim
Alokasi Waktu
* 1 Jam
Penilaian
* Kemampuan kerjasama
Sumber Bahan
--
Tidak ada komentar:
Posting Komentar